selalu ingat tuhan di setiap waktu

berdoa & memintalah kau hanya kepada
tuhan MU yaitu Allah, niscaya jika kita selalu
ingat kepadanya hati kita akan merasa tenang & tentram

Jumat, 04 November 2011

Macam dan Manfaat Vaksin

Macam VaksinMacam vaksin yang digunakan untuk imunisasi adalah1. Vaksin yang dilemahkan : Viabilitas dan daya infeksi kuman atau virus dilemahkan namun mampu menumbuhkan respons immun. vaksin ini berasal dari keseluruhan organisme atau bagian dari organisme.2. Vaksin yang telah dimatikan : berasal dari mikrogrganisme yang telah dimatikan. Respon imun yang timbul lebih lemah daripada vaksin hidup sehingga biasanya memerlukan imunisasi ulang, contohnya kolera.3. Vaksin Subunit : Berasal dari bagian organise misalnya komponen kapsul bakteri. Keuntungan vaksin ini aman bagi anak , menghindari vaksin yang virulen.4. Vaksin toksoid : tidak toksis, namun dapat merangsang pembuatan antobodi, contohnya tetanus, difteri.5.vaksin konjugat : vaksin polisakarida murni kurang imunogenik untuk anak dibawah usia 2 tahun. Untung meningkatkan imunogenitas polisakarida dikonjugasikan dengan protein karier sehingga dapat meningkatkan respons imun.
Berbagai pertimbang manfaat vaksin harus memenuhi hal-hal tersebut dibawah ini1. Aman (safety) : Vaksin yang diberikan tidak boleh menimbulkan penyakit.2. Mempunyai daya proteksi : vaksin yang diberikan harus mampu melindungi penerima vaksin dari patogen.3. Dapat melindungi penerima vaksin dalam jangka waktu yang lama4. Mampu menimbulkan netralisasi oleh antibodi yang diberikan.5. Mampu memberikan proteksi dengan meningkatkan respons imun sekuler terutama pada patogen yang ultraseluler.6. Cara pemberian yang praktis dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut : efek samping, biaya, mudah disimpan, dapat dibuat dalam jumlah banyak, jenis vaksin, kontra indikasi, efek samping.
Keberhasilan vaksin sebagai pencegahan penyakit bergantung pada berbagai faktor , antara lain :a. Kualitas vaksinnya sendirib. Cara penyimpnan dan pengirimanc. Cara pemberian yang benar oleh dokter

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar